Google Mengontrak GeoEye-1

September 9, 2008 by airianto  
Filed under Geomatics Science, Remote Sensing

GeoEye Satellite

Google mendapatkan hadiah ulang tahun yang ke-10 berupa peluncuran satelit yang bernama GeoEye-1. Peluncuran tersebut hanya berselang sehari menjelang ulang tahun Google. Di harapkan dengan di luncurkan GeoEye-1, Google dapat menambahkan data-data peta satelit dari seluruh dunia. Satelit GeoEye-1 diluncurkan dengan menumpang roket Delta II di tempat peluncuran Vandenberg Air Force Base.


[amazon trackingid="agulirianto-20" keywords="geoeye" rows="1" columns="2" pagination="yes" vertical="yes" logo="none"]

Ketinggian orbit satelit tersebut adalah 760Km dari permukaan bumi serta melaju dengan kecepatan 8Km per detik. Dengan diluncurkan satelit GeoEye1 ini diharapkan dapat memasok citra satelit dengan resolusi sangat tinggi dan satelit ini akan dipergunakan dalam memperkuat layanan Google antara Google Earth ataupun Google Maps. CIA, atau Badan Intelijen Nasional AS juga menggunakan satelit tersebut untuk keperluannya.

Resolusi gambar yang dihasilkan oleh satelit ini sangat tajam karena resolusi yang dihasilkan 0.41 meter panchromatic dan 1.65 meter multispectral. Dengan di kontraknya GeoEye-1 ini, diharapkan semakin memanjakan penggunan layanan Google dan hal itu berdampak pada omzet serta keuntungan perusahaan. Sergey Brin dan Larry Page sudah merencanakan akan mengontrak GeoEye2 pada tahun 2011. (www.bhinneka.com)

[amazon trackingid="agulirianto-20" keywords="google" rows="1" columns="2" pagination="yes" vertical="yes" logo="none"]

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

Spam Protection by WP-SpamFree